Gambar Tazkiyatun Nafsi #5 Penyebab Sakitnya Hati dakwah.id.jpg

Tazkiyatun Nafsi #5: Penyebab Sakitnya Hati

Terakhir diperbarui pada · 956 views

Artikel berjudul “Penyebab Sakitnya Hati” ini merupakan artikel ke-05 dari serial Tazkiyatun Nafsi yang disarikan dari kitab Tazkiyatun Nufus karya Syaikh Ahmad Farid.

***

Musibah yang menimpa yang akhirnya menjadi penyebab sakitnya hati ada dua. Yakni musibah syahwat yang merusak niat dan iradah serta musibah syubhat yang merusak ilmu dan i’tiqad.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

تَعْرَضُ الْفِتَنُ عَلَى الْقُلُوْبِ كَعِرْضِ الْحَصِيْرِ عُوْدًا عُوْدًا فَأَيُّ قَلْبِ أَشْرَبَهَا نَكَتَتْ فِيْهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ.

Musibah (fitnah) itu masuk ke dalam hati seperti dianyamnya tikar, sehelai demi sehelai. Hati mana pun yang menerimanya akan tertitiklah padanya setitik noda hitam.”

Khutbah Jumat Singkat: Lima Tanda Penyakit Hati

وَأَيُّ قَلْبِ أَنْكَرَهَا نَكَتَتْ فِيْهِ نُكْتَةٌ بَيْضَاءُ حَتَّى تَعُوْدَ الْقُلُوْبُ عَلَى قَلْبَيْنِ: قَلْبِ أَسْوَدِ مَرْبَاءٍ كَالْكُوْزِ مَجَخِّيًّا لَا يَعْرِفُ مَعْرُوفًا وَلَا يُنْكِرُ مُنْكَرًا إِلَّا مَا أَشْرَبَ مِنْ هَوَاهُ وَقَلْبٍ أَبْيَضٍ لَا تَضُرُّهُ فِتْنَةٌ مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ.

Hati mana pun yang menolaknya akan tertitiklah padanya setitik cahaya putih. Akhirnya hati akan terbagi menjadi dua: hati yang hitam legam cekung seperti gayung yang terbalik, tidak mengenal kebaikan, tidak pula mengingkari kemungkaran, selain yang oleh hawa nafsunya; dan hati putih bercahaya yang tidak akan dikehendaki tertimpa mudharat fitnah, selama langit dan bumi masih ada.” (HR. Muslim, II/170).

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam mengelompokkan hati—ketika tertimpa musibah fitnah—menjadi dua:

Kelompok Hati Ketika Tertimpa Fitnah

Pertama: Hati putih yang bercahaya dengan cahaya iman.

Jika musibah fitnah datang, ia pun mengingkari dan menolaknya, sehingga ia pun semakin bersinar bercahaya.

Kedua: Hati yang selalu menyerapnya seperti bunga karang yang selalu menyerap air.

Maka tertitiklah padanya setitik noda hitam. Demikian seterusnya sehingga hati itu menjadi hitam dan terbalik. Inilah maksud tamsil beliau, “… seperti gayung yang terbalik ….” (HR. Muslim, II/170).

Jika hati telah hitam dan terbalik maka akan datanglah dua penyakit yang sangat berbahaya yang akan menghantarkan ke jurang kehancuran.

Penyebab Sakitnya Hati

Pertama: Tercampur Aduknya Kebaikan dengan Kemungkaran

Penyebab sakitnya hati yang pertama adalah tercampur aduknya kebaikan dengan kemungkaran, sehingga ia tidak lagi mengenalinya.

Bahkan mungkin ia akan dikuasai oleh penyakit ini. Dengan demikian, ia meyakini kemungkaran sebagai suatu kebaikan, kebaikan sebagai kemungkaran, sunnah sebagai bid’ah, bid’ah sebagai sunnah, kebenaran sebagai kebatilan, dan kebatilan sebagai kebenaran.

Kedua: Menjadikan Hawa Nafsu Sebagai Hakim

Penyebab sakitnya hati kedua adalah menjadikan hawa nafsu sebagai hakim, pemimpin, dan panutan dengan meninggalkan semua yang dibawa oleh Rasulullah. Wallahu alam (Tazkiyatun Nufus, Syaikh Ahmad Farid/dakwah.id)

Serial Tazkiyatun Nafsi terbaru:

Topik Terkait

Sodiq Fajar

Bibliofil. Pemred dakwah.id

2 Tanggapan

Alhamdulillah ,tetimakasih artikelnya dpt mensmbah pengetahuan kami. Terima kasih

Alhamdulillah semoga mencerahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *