Informasi Keislaman Terlengkap dan Terpercaya

Syaikh Al-Qahthani, Penulis Buku Kumpulan Doa Hisnul Muslim Meninggal Dunia

539

Siapa yang tak kenal dengan buku kecil kumpulan doa-doa Hisnul Muslim? Pagi tadi (1/10/2018), penulis buku doa terlaris sedunia itu dikabarkan meninggal dunia setelah menderita sakit selama sebulan terakhir ini. Beliau adalah Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani.

Menurut informasi yang beredar, penulis buku doa yang telah diterjemahkan ke lebih 44 bahasa ini akan disalatkan sore ini (Senin, 1/10/2018) di masjid Jami’ ar-Rajhi, Riyadh, kemudian dimakamkan di tempat pemakaman an-Nasim.

Sosok ulama yang familiar disebut dengan Syaikh al-Qahthani ini telah menyibukkan dirinya dengan ilmu sejak usia masih belia. Berbagai karya tulisnya telah dikenal kaum muslimin di seantero negeri.

Bahkan, hampir-hampir buku kecil Hisnul Muslim yang berisi kumpulan doa sehari-hari sesuai sunnah nabi ini telah memasuki setiap rumah warga muslim di penjuru negeri.

Baca juga: Shalat Karena Gempa Bumi, Apakah Ada Tuntunannya dalam Syariat Islam?

Perlu diketahui, Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani lahir pada tahun 1372 Hijriyah di sebuah daerah bernama Qahthan. Beliau menyelesaikan kuliahnya di fakultas Ushuluddin di Universitas Imam Muhammad bin Su’ud pada tahun 1404 Hijriyah. kemudian mendapat gelar Magister pada tahun 1424 Hijriyah dengan tesis Al-Hikmah fi ad-Da’wah ilallah.

Setelah itu, beliau menyelesaikan program doktoralnya pada tahun 1419 Hijriyah dengan risalah doktoral berjudul Fiqh ad-Da’wah fi Shahih al-Imam al-Bukhari.

Baca juga: Menunaikan Haji Dulu, atau Melangsungkan Pernikahan Dulu?

Hisnul Muslim adalah kitab kecil yang berisi kumpulan doa-doa dan zikir sehari-hari yang bersumber dari al-Quran dan as-Sunnah.

Hisnul Muslim sebenarnya adalah ringkasan dari buku beliau yang berjudul Az-Zikru wa ad-Dua’a wal ‘Ilaj Bir Ruqa min al-Kitab wa as-Sunnah. Beliau meringkasnya agar mudah dibawa ke mana-mana oleh pembacanya. Beliau juga melengkapi kitab kecil ini dengan takhrij hadits sesuai dengan kebutuhan.

Kitab ini mendapat izin cetak dari Idaratul Buhuts al-Ilmiyyah wal Ifta’ wad Da’wah wal Irsyad pada tahun 1409 Hijriyah.

Saat ini, kitab tersebut juga dapat dinikmati dalam bentuk e-Book. Tak ketinggalan, banyak developer yang mengembangkan kitab hisnul muslim dalam bentuk aplikasi android, OIS, iPhone, dan iPad.

Selain menulis kitab Hisnul Muslim, beliau juga menulis banyak buku di bidang fikih Ibadah Shalat, fikih Shaum, Haji, Umrah, fikih Muamalah, Fikih Jihad, Thaharah, Akhlak, dan sebagainya.

Baca juga: Klasifikasi Air Berdasarkan Hukum Kesuciannya

Bagi pembaca yang ingin mendapatkan tulisan-tulisan beliau secara gratis, silakan kunjungi link DI SINI.

Bagi pembaca yang ingin mendapatkan file kitab Hisnul Muslim dalam bentuk file PDF dan DOC silakan download DI SINI.

Semoga Allah ‘azza wajalla merahmati beliau, menjadikan seluruh pengabdian beliau selama ini sebagai amal jariyah yang tak terputus hingga akhir zaman kelak. Aamiin. [Sodiq Fajar/dakwah.id]