Maktabah Syamilah Online review dan tutorial dakwah.id

Maktabah Syamilah Online Review + Tutorial

Shamela.ws, baru-baru ini merilis Maktabah Syamilah Online setelah sukses meluncurkan software Maktabah Syamilah Offline yang dapat diinstal di laptop atau PC.

Ini menjadi angin segar bagi para penulis, editor buku terjemah bahasa Arab, mahasiswa fakultas syariah, fakultas akidah, hadits, sejarawan, dan para pecinta turats kitab ulama berbahasa Arab.

Dengan diluncurkannya versi terbaru online ini, para pengguna tinggal koneksikan gadget, laptop, atau PC dengan jaringan internet, setelah itu tinggal akses Maktabah Syamilah melalui link yang ada.

Fitur Maktabah Syamilah Online

Apa saja fitur Maktabah Syamilah versi ini?

Ketika Anda membuka Maktabah Syamilah versi online, Anda akan menjumpai beberapa menu di bagian header website.

Pertama menu الرئيسية (Home). Menu ini akan membawa Anda menuju home page website.

Kemudian yang kedua menu أقسام المكتبة (Categories). Menu ini menampilkan kategori konten Maktabah yang diklasifikasikan berdasarkan tema kitab. Pada laman ini tertera ada 40 kategori. Di samping kiri nama kategori, terdapat keterangan jumlah koleksi kitab di dalamnya.

Menu berikutnya فهرس المؤلفين (Authors). Menu ini menampilkan data nama-nama penulis kitab yang ada di aplikasi. Akan tetapi, daftar nama penulis kitab Maktabah Syamilah ini tidak diurutkan berdasarkan abjad bahasa Arab.

Selanjutnya menu حول المشروع (About Program). Menu ini semestinya berisi penjelasan tentang program Maktabah Syamilah. Namun hingga kini, menu ini masih kosong.

Website ini juga menampilkan menu تنزيل المكتبة (Download Maktabah). Menu ini menampilkan laman link download software Maktabah Syamilah yang bisa diinstal di PC atau pun Android sekaligus penjelasan singkat terkait instalasinya.

Download Maktabah Syamilah Untuk Android   DOWNLOAD

Download Maktabah Syamilah untuk iPhone dan iPad   DOWNLOAD

Menu yang terakhir adalah اتصل بنا (Contact Us). Jika Anda membuka menu ini, maka Anda akan langsung diarahkan untuk berkomunikasi dengan admin web melalui milis email.

Maktabah Syamilah versi ini memiliki tiga fitur utama yang ditampilkan di laman Home Page website.

Fitur pertama: تصفح المكتبة

Fitur ini akan membaca Anda menuju halaman kategori kitab.

Fitur kedua: بحث في المكتبة

Ini adalah fitur terpenting dalam aplikasi Maktabah Syamilah versi mana pun, yaitu fitur pencarian.

Fitur ketiga: آخر المضاف

Fitur ini memberikan informasi terkait kita-kitab yang paling mutakhir dicantumkan di Maktabah Syamilah versi Online.

Hingga saat ini, Maktabah Syamilah khusus versi Online telah menampung sekitar 7 juta halaman kitab, 8000 judul kitab, dan 3000 penulis.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Maktabah Syamilah versi terbaru ini, silakan langsung kunjungi link berikut ini:

Kelebihan Maktabah Syamilah Versi Online

  1. Karena online, Maktabah Syamilah versi ini bisa diakses di mana saja, kapan saja, dan melalui device apa saja. Yang penting terhubung dengan jaringan internet.
  2. Pengguna dapat memperbesar atau memperkecil ukuran font teks kitab sesuai yang diinginkan.
  3. Maktabah Syamilah versi Online ini sangat support untuk penulisan referensi. Pengguna mendapatkan kemudahan dalam copy paste teks kitab lengkap dengan keterangan referensi kitabnya sekaligus link hasil pencarian pada website ini.
  4. Dalam proses pencarian teks, ada dua pilihan; بحث في كل الكتب (pencarian di seluruh koleksi kitab), dan بحث في نطاق محدد (pencarian di pilihan tertentu). Pilihan ini lebih memudahkan pengguna dari pada konsep pencarian di Maktabah Syamilah versi Offline. Dengan menggunakan Syamilah versi ini, pengguna tidak perlu lagi melakukan langkah: memilih seluruh kitab lalu memindahkannya di kolom pencarian.
kolom pencarian kitab Maktabah Syamilah Online dakwah.id

Kekurangan Maktabah Syamilah Versi Online

  1. Font yang digunakan untuk sistem terkesan kaku dan tipis.
  2. Desain tampilannya kurang atraktif.
  3. Belum mengakomodir semua fungsi yang ada pada Maktabah Syamilah Offline.
  4. Tidak bisa mengakurasi kitab atau halaman kitab dengan versi cetaknya melalui file PDF sebagaimana dalam Maktabah Syamilah versi Offline.
  5. Ukuran font yang digunakan dalam hasil pencarian terlalu kecil.
  6. Dalam hasil pencarian hanya menampilkan potongan teks sesuai dengan hasil pencarian, tidak menampilkan keseluruhan halaman sesuai halaman pada kitab.
  7. Ketika meng-copy hasil pencarian, tidak bisa menyertakan keterangan referensi.
font hasil pencarian makatabah syamilah online dakwah.id

Step by Step Tutorial Menggunakan Maktabah Syamilah Versi Online

  1. Buka website Maktabah Syamilah versi Online: BUKA
  2. Buka tombol bertuliskan: بحث في المكتبة
  3. Jika Anda ingin mencari teks dalam kitab, pilih: المحتوى. Jika Anda ingin mencari nama kitab, pilih: أسماء الكتب. Jika mencari nama penulis kitab, pilih: أسماء المؤلفين
  4. Dalam pencarian teks terdapat dua pilihan. Jika Anda ingin mencari teks di seluruh koleksi kitab, pilih: بحث في كل الكتب. Jika Anda ingin mencari teks dengan filter pembatasan tertentu, pilih: حث في نطاق محدد.
  5. Filter pembatasan pencarian meliputi tema kitab, nama penulis, pilihan kitab, dan periode tahun penulisan kitab.

User Experince Pengguna Maktabah Syamilah Versi Online

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Maktabah Syamilah untuk PC atau Laptop yang biasanya harus instal softwarenya dahulu, mungkin akan merasa agak kurang nyaman ketika menggunakan versi terbaru ini. Sebab, desain tampilan Maktabah Syamilah versi ini sepertinya memang masih belum maksimal.

Selain itu, menggunakan font sistem yang terkesan kaku juga dapat mengurangi kenyamanan pengguna. Mungkin, tampilan Syamilah versi Online saat ini belum final, masih dalam tahap proses pengembangan.

Meski demikian, hampir seluruh fungsi utama Maktabah Syamilah Offline tersedia di versi online ini.

tampilan copy paste teks maktabah syamilah online dakwah.id

Website Maktabah Syamilah Versi Lama

Meskipun domain website Maktabah Syamilah yang saat ini telah digunakan sekaligus untuk akses Maktabah Syamilah versi Awan, namun pihak pembuat masih memberikan akses kepada pengguna yang ingin mengunjungi website Maktabah Syamilah versi lama.

Berikut ini link akses website Syamilah dengan tampilan versi lama:

Download Maktabah Syamilah Versi Offline

Bagi Anda yang ingin menginstal Maktabah Syamilah versi offline, silakan kunjungi website berikut ini:

Gratis Download Maktabah Syamilah Terbaru

Demikian ulasan singkat mengenai Maktabah Syamilah Online. Semoga review ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan perangkat pencarian referensi kitab berbahasa Arab. Jika ada perkembangan informasi terkait aplikasi ini, insyaallah akan saya update di lain waktu. (Sodiq Fajar/dakwah.id)

Baca juga artikel tentang Dakwah Kit atau artikel menarik lainnya karya Sodiq Fajar.

Artikel Dakwah Kit terbaru lainnya:

Topik Terkait

Sodiq Fajar

Bibliofil. Pemred dakwah.id

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.

%d blogger menyukai ini: