materi khutbah jumat cara selamat dari pemikiran menyimpang dakwah.id

Khutbah Jumat: Cara Selamat dari Pemikiran Menyimpang

Terakhir diperbarui pada · 30 views

Materi Khutbah Jumat:
Cara Selamat dari Pemikiran Menyimpang

Pemateri: Amir Sahidin, M.Ag.
(Peneliti Centre for Islamic and Occidental Studies [CIOS] UNIDA Gontor)

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูŽ ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ู†ูŽุญู’ู…ูŽุฏูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุนููŠู’ู†ูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุนููˆู’ุฐู ุจูุงู„ู„ู‡ู ู…ูู†ู’ ุดูุฑููˆู’ุฑู ุฃูŽู†ู’ููุณูู†ูŽุง ูˆูŽุณูŽูŠูู‘ุฆูŽุงุชู ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูู†ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู‡ู’ุฏูู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ููŽู„ูŽุง ู…ูุถูู„ูŽู‘ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูุถู’ู„ูู„ู’ ููŽู„ูŽุง ู‡ูŽุงุฏููŠูŽ ู„ูŽู‡ู. ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูฐู‡ูŽ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ูู‡ู.

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุตูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏูŒ. ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏูŒ.

ููŽูŠูŽุง ุนูุจูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุงููˆู’ุตููŠู’ู†ููŠ ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ูˆูŽุฅููŠูŽู‘ุงูƒูู…ู’ ุจูุชูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุฏู’ ููŽุงุฒูŽ ุงู„ู’ู…ูุชูŽู‘ู‚ููˆู’ู†ูŽ.

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูููŠู’ ูƒูุชูŽุงุจูู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุฑููŠู’ู…ูุŒ ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูฐู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู’ู…ู: ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆู’ุง ุงุชูŽู‘ู‚ููˆู’ุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุญูŽู‚ูŽู‘ ุชูู‚ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู…ููˆู’ุชูู†ูŽู‘ ุฅูู„ูŽู‘ุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ.

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆู’ุง ุงุชูŽู‘ู‚ููˆู’ุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽู‚ููˆู’ู„ููˆู’ุง ู‚ูŽูˆู’ู„ู‹ุง ุณูŽุฏููŠู’ุฏู‹ุง ูŠูุตู’ู„ูุญู’ ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุบู’ููุฑู’ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฐูู†ููˆู’ุจูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูุทูุนู ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽู‡ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ููŽุงุฒูŽ ููŽูˆู’ุฒู‹ุง ุนูŽุธููŠู’ู…ู‹ุง.

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ: ุงูุชูŽู‘ู‚ู ุงู„ู„ู‡ูŽ ุญูŽูŠู’ุซูู…ูŽุง ูƒูู†ู’ุชูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽุชู’ุจูุนู ุงู„ุณูŽู‘ูŠูู‘ุฆูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŽ ุชูŽู…ู’ุญูู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽุฎูŽุงู„ูู‚ู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูŽ ุจูุฎูู„ูู‚ู ุญูŽุณูŽู†ู.

Jamaah sidang shalat Jumat yang dirahmati Allah Taโ€™ala

Marilah kita bersyukur kepada Allah subhanahu wataโ€™ala atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat hadir melaksanakan kewajiban shalat Jumat secara berjamaah. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi besar Muhammad shallallahu โ€˜alaihi wasallam, beserta keluarga, sahabat, dan umatnya yang setia mengikuti petunjuk beliau hingga hari kiamat.

Pada kesempatan yang mulia ini, khatib berwasiat kepada diri pribadi dan kepada jamaah sekalian, marilah kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wataโ€™ala, dengan sebenar-benar takwa. Karena sebaik-baik bekal kita menuju Allah subhanahu wataโ€™ala adalah ketakwaan.

Jamaah sidang shalat Jumat yang dirahmati Allah Taโ€™ala

Kita hidup di zaman yang penuh ujian dan cobaan terhadap agama. Di tengah derasnya arus globalisasi, kemajuan teknologi, dan tersebarnya pemikiran-pemikiran menyimpang, maka mempertahankan dan menjalankan keislaman bukanlah perkara yang mudah, yaitu ibarat berenang melewati sungai yang dipenuhi arus kuat yang menerjang.

Arus tersebut merupakan materialisme yang dibawa oleh globalisasi, sehingga materi dan harta menjadi ukuran segalanya. Juga pragmatisme yang dibawa oleh kemajuan teknologi, sehingga keuntungan duniawi menjadi tujuan utama dari segala perbuatan yang dilakukan.

Kedua hal tersebut diperparah dengan tantangan pemikiran yang tersebar di tengah-tengah umat Islam: liberalisme yang mengajak untuk berpikir bebas tanpa batas; sekularisme yang mengajak untuk memisahkan agama dan dunia dari kehidupan; serta radikalisme yang mengajak untuk menghalalkan kekerasan demi meraih tujuan yang diinginkan.

Materi Khutbah Jumat: Strategi Setan dalam Menyesatkan Manusia dari Fitrah yang Lurus

Semua ini merupakan arus deras dan kuat yang akan menerjang siapa saja yang ingin menyeberangi sungai kehidupan. Oleh karenanya, kesabaran dalam menghadapinya sangat dibutuhkan meskipun penuh dengan pengorbanan.

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda, hadits riwayat at-Tirmidzi, no. 2260,

ูŠูŽุฃู’ุชููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ุฒูŽู…ูŽุงู†ูŒุŒ ุงู„ุตูŽู‘ุงุจูุฑู ูููŠู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฏููŠู†ูู‡ู ูƒูŽุงู„ู’ู‚ูŽุงุจูุถู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู’ุฑู.

โ€œAkan datang suatu masa kepada manusia, orang yang bersabar berpegang pada agamanya seperti menggenggam bara api.โ€

Bagaimana cara Agar Selamat dari Arus Pemikiran Menyimpang dalam Kehidupan?

Jamaah sidang shalat Jumat yang dirahmati Allah Taโ€™ala

Agar kita selamat menyeberangi deras dan kuatnya arus sungai kehidupan hingga mencapai tujuan, setidaknya ada tiga kiat yang dapat khatib sampaikan.

Pertama:Menguatkan keimanan kepada Allah

Deras dan kuatnya arus sungai, tidak akan menggoyahkan kaki penyeberang manakala ia memiliki keimanan yang kuat kepada Allah Taโ€™ala. Keimanan inilah yang akan menuntun dan menguatkan langkah-langkahnya hingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Allah Taโ€™ala berfirman dalam Surat an-Nur ayat 40,

ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽู‡ู ู†ููˆุฑู‹ุง ููŽู…ูŽุง ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู†ููˆุฑู

โ€œSiapa yang tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, maka dia tidak mempunyai cahaya sedikit pun.โ€

Terkait dengan ayat tersebut, Imam Maki bin Abi Thalib dalam kitabnya, al-Hidฤyah ilฤ Bulลซgh an-Nihฤyah jilid 8, halaman 5127 menerangkan bahwa, barang siapa yang tidak Allah beri keimanan, hidayah dari kesesatan, dan pengetahuan dari kitab-Nya, maka ia tidak akan mendapatkan petunjuk, iman, dan pengetahuan.

Ayat dan perkataan tersebut menunjukkan bahwa keimanan merupakan cahaya penerang di tengah gelapnya kesesatan. Dengan demikian, dalam mengarungi sungai kehidupan ini, kita perlu untuk menguatkan keimanan karena ia akan menjadi petunjuk dan penguat langkah perjuangan.

Jamaah sidang shalat Jumat yang dirahmati Allah Taโ€™ala

Kedua:Mengikuti pemahaman para salaf

Selain menguatkan keimanan, kita juga perlu untuk menambah pengetahuan dengan mengikuti pemahaman para salafus shalih terdahulu, yaitu para sahabat, tabiin, dan tabiut tabiin. Mereka adalah generasi yang sangat dekat dengan Rasulullah, mendapat bimbingan langsung dari beliau dan para sahabat, serta sangat memahami ajaran Islam yang Rasulullah terangkan.

Baca juga: Ujian Keimanan Imam Ahmad bin Hanbal dari Para Penguasa

Imam Malik bin Anas berkata, sebagaimana termaktub dalam kitab Majmลซโ€™ al-Fatฤwฤ karya Imam Ibnu Taimiyah, jilid 27, halaman 396,

ู„ูŽู†ู’ ูŠูŽุตู’ู„ูุญูŽ ุขุฎูุฑู ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุฃูู…ูŽู‘ุฉู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุจูู…ูŽุง ุตูŽู„ูุญูŽ ุจูู‡ู ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ูู‡ูŽุง.

โ€œTidak akan menjadi baik (islah) generasi terakhir dari umat ini, kecuali dengan apa yang telah membuat generasi awalnya menjadi baik.โ€

Ungkapan yang sekaligus kaidah penting tersebut, menunjukkan kepada kita bahwa generasi awal terdahulu merupakan generasi terbaik untuk diikuti dan diteladani. Sehingga dalam menghadapi derasnya arus globalisasi, teknologi, dan pemikiran menyimpang ini, kita perlu untuk senantiasa kembali kepada pemahaman para salaf terdahulu.

Jamaah sidang shalat Jumat yang dirahmati Allah Taโ€™ala

Ketiga:Menjadikan dunia sebagai wasilah akhirat

Selain menguatkan keimanan dengan pemahaman para salaf, kiat terakhir yang tak kalah penting yaitu perlunya menjadikan dunia sebagai wasilah menuju akhirat.

Hal ini karena hakikat kehidupan dunia adalah tempat beramal untuk meraih kebahagiaan akhirat. Selain itu, betapa banyak manusia yang tergelincir dan terbawa arus ketamakan dunia serta melupakan kehidupan akhiratnya.

Terkait hal ini, Imam Ahmad bin Hambal berkata, sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Baihaqi dalam kitab al-Zuhdu al-Kabฤซr jilid 1 halaman 282,

ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ุฏูŽุงุฑู ุนูŽู…ูŽู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉู ุฏูŽุงุฑู ุฌูŽุฒูŽุงุกูุŒ ููŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู‡ูู†ูŽุง ู†ูŽุฏูู…ูŽ ู‡ูู†ูŽุงูƒูŽ

โ€œDunia adalah tempat beramal sedangkan akhirat adalah tempat pembalasan. Jadi, sesiapa yang tidak beramal di dunia, pasti akan menyesal di akhirat.โ€

Ungkapan tersebut menegaskan kaidah penting, bahwa dunia merupakan wasilah untuk menuju akhirat. Sehingga dengan keyakinan ini, seseorang akan selamat dari derasnya arus materialisme yang dibawa oleh globalisasi, syahwat yang dibawa teknologi, dan pemikiran-pemikiran menyimpang, yang sering kali merajalela karena adanya kenikmatan-kenikmatan dunia yang diinginkan.

Jamaah sidang shalat Jumat yang dirahmati Allah Taโ€™ala

Demikian materi khutbah Jumat tentang cara selamat dari pemikiran menyimpang dalam kehidupan ini. Marilah kita senantiasa meningkatkan kualitas keimanan kita, mengikuti pemahaman para salafus shalih, dan menjadikan dunia ini sebagai wasilah untuk menuju kebahagiaan akhirat.

Semoga Allah subhanallah wa taโ€™ala senantiasa menyelamatkan kita dari derasnya arus materialisme, syahwat, serta pemikiran-pemikiran menyimpang hari ini dan yang akan datang. Amin ya Rabb.

ุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ููŠู’ ูˆูŽู„ูŽูƒูู…ู’ ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ูุŒ ูˆูŽู†ูŽููŽุนูŽู†ููŠู’ ูˆูŽุฅููŠูŽู‘ุงูƒูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุขูŠูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุฐูู‘ูƒู’ุฑู ุงู„ู’ุญูŽูƒููŠู’ู…ูุŒ ูˆูŽุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ูŽ ู…ูู†ูู‘ูŠู’ ูˆูŽู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุชูู„ุงูŽูˆูŽุชูŽู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู‡ููˆูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู…ููŠู’ุนู ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู’ู…ู. ุฃูŽู‚ููˆู’ู„ู ู‚ูŽูˆู’ู„ููŠู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุงุณู’ุชูŽุบู’ููุฑู ุงู„ู„ู‡ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ูŽ ู„ููŠู’ ูˆูŽู„ูŽูƒูู…ู’ ููŽุงุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆู’ู‡ูุŒ ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุบูŽูููˆู’ุฑู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู’ู…ู.

KHUTBAH KEDUA

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูŽ ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ู†ูŽุญู’ู…ูŽุฏูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุนููŠู’ู†ูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุนููˆู’ุฐู ุจูุงู„ู„ู‡ู ู…ูู†ู’ ุดูุฑููˆู’ุฑู ุฃูŽู†ู’ููุณูู†ูŽุง ูˆูŽุณูŽูŠู‘ุฆูŽุงุชู ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูู†ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู‡ู’ุฏูู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ููŽู„ูŽุง ู…ูุถูู„ูŽู‘ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูุถู’ู„ูู„ู’ ููŽู„ูŽุง ู‡ูŽุงุฏููŠูŽ ู„ูŽู‡ู. ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูฐู‡ูŽ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ูู‡ู. ูˆูŽุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู’ุจูู‡ู.

ููŽูŠูŽุง ุนูุจูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุงููˆู’ุตููŠู’ู†ููŠู’ ู†ูŽูู’ุณููŠ ูˆูŽุฅููŠูŽู‘ุงูƒูู…ู’ ุจูุชูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุฏู’ ููŽุงุฒูŽ ุงู„ู’ู…ูุชูŽู‘ู‚ููˆู’ู†ูŽ.

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูููŠู’ ูƒูุชูŽุงุจูู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽุฑููŠู’ู…ูุŒ ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูฐู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู’ู…ู. ูŠูŽุงุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆู’ุง ุงุชูŽู‘ู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุญูŽู‚ูŽู‘ ุชูู‚ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู…ููˆู’ุชูู†ูŽู‘ ุฅูู„ูŽู‘ุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽ.

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ูู‘ูˆู’ู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ุŒ ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆู’ุง ุตูŽู„ูู‘ูˆู’ุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ููˆู’ุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู’ู…ู‹ุง.

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุตูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏูŒ. ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏูŒ.

ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽู„ูู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงุชูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽุงุชู ุงูŽู„ู’ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงุกู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงุชูุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุณูŽู…ููŠู’ุนูŒ ู‚ูŽุฑููŠู’ุจูŒ ู…ูุฌููŠู’ุจู ุงู„ุฏูŽู‘ุนูŽูˆูŽุงุชู. ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽู„ููˆูŽุงู„ูุฏููŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู‡ูู…ู’ ูƒูŽู…ูŽุง ุฑูŽุจูŽู‘ูˆู’ู†ูŽุง ุตูุบูŽุงุฑู‹ุง.

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽู‚ูŽู‘ ุญูŽู‚ู‹ู‘ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุชูู‘ุจูŽุงุนูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ูŽ ุจูŽุงุทูู„ู‹ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุฌู’ุชูู†ูŽุงุจูŽู‡ู.

ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ู‡ูŽุจู’ ู„ูŽู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู†ูŽุง ูˆูŽุฐูุฑูู‘ูŠูŽู‘ุงุชูู†ูŽุง ู‚ูุฑูŽู‘ุฉูŽ ุฃูŽุนู’ูŠูู†ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูุชูŽู‘ู‚ููŠู’ู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง.

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽุนูุฒูŽู‘ ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽุฐูู„ูŽู‘ ุงู„ุดูู‘ุฑู’ูƒูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽุฏูŽู…ูู‘ุฑู’ ุฃูŽุนู’ุฏูŽุงุกูŽ ุงู„ุฏูู‘ูŠู’ู†ู.

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุงุฏู’ููŽุนู’ ุนูŽู†ูŽู‘ุง ุงู„ู’ุบูŽู„ูŽุงุกูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽู„ูŽุงุกูŽ ูˆูŽุงู„ู’ูˆูŽุจูŽุงุกูŽ ูˆูŽุงู„ู’ููŽุญู’ุดูŽุงุกูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑูŽุŒ ูˆูŽุงู„ุณูู‘ูŠููˆู’ููŽ ุงู„ู’ู…ูุฎู’ุชูŽู„ูููŽุฉูŽ ูˆูŽุงู„ุดูŽู‘ุฏูŽุงุฆูุฏูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุญูŽู†ูŽุŒ ู…ูŽุง ุธูŽู‡ูŽุฑูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ุจูŽุทูŽู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽู„ูŽุฏูู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุฎูŽุงุตูŽู‘ุฉู‹ ูˆูŽู…ูู†ู’ ุจูู„ู’ุฏูŽุงู†ู ุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ุนูŽุงู…ูŽู‘ุฉู‹ุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุดูŽูŠู’ุฆู ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑูŒ.

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ุฃูŽุญู’ูˆูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ุญููƒูŽู‘ุงู…ู‹ุง ูˆูŽู…ูŽุญู’ูƒููˆู’ู…ููŠู’ู†ูŽุŒ ูŠูŽุง ุฑูŽุจูŽู‘ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽุŒ ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุงุดู’ูู ู…ูŽุฑู’ุถูŽุงู†ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุฑู’ุถูŽุงู‡ูู…ู’ุŒ ูˆูŽูููƒูŽู‘ ุฃูŽุณู’ุฑูŽุงู†ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุณู’ุฑูŽุงู‡ูู…ู’ุŒ ูˆูŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ูู…ูŽูˆู’ุชูŽุงู†ูŽุง ูˆูŽู…ูŽูˆู’ุชูŽุงู‡ูู…ู’ุŒ ูˆูŽุฃูŽู„ูู‘ูู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ู‚ูู„ููˆู’ุจูู‡ูู…ู’ ูŠูŽุง ุฃูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ.

ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ุขุชูู†ูŽุง ูููŠ ุงู„ุฏูู‘ู†ู’ูŠูŽุง ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูˆูŽูููŠ ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูˆูŽู‚ูู†ูŽุง ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู.

ุนูุจูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ูุŒ ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑู ุจูุงู„ู’ุนูŽุฏู’ู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ู ูˆูŽุฅููŠู’ุชูŽุงุกู ุฐููŠ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุจูŽู‰ ูˆูŽูŠูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ููŽุญู’ุดูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุบู’ูŠู ูŠูŽุนูุธููƒูู…ู’ ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชูŽุฐูŽูƒูŽู‘ุฑููˆู’ู†ูŽ. ูˆูŽุงุฐู’ูƒูุฑููˆู’ุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู„ููŠู’ู„ูŽ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู’ูƒูู…ู’ุŒ ูˆูŽุฃูŽู‚ูู…ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉูŽ.

Download PDF Materi Khutbah Jumat
Cara Selamat dari Pemikiran Menyimpang
di sini

Semoga bermanfaat!

Anda ingin mendapat kiriman update materi khutbah
& artikel dakwah.id melalui WhatsApp?

Topik Terkait

Amir Sahidin, M.Ag

Pengajar PPTQ Ibnu Masโ€™ud, Purbalingga

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of

0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Discover more from Dakwah.ID

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading